Apakah CCTV Tetap Merekam Saat Mati Listrik?

CCTV atau Closed-Circuit Television adalah teknologi yang telah menjadi bagian integral dari sistem keamanan modern. Namun, satu pertanyaan yang sering muncul di benak banyak orang adalah apakah CCTV dapat terus merekam ketika terjadi pemadaman listrik. Mari kita eksplorasi apakah teknologi ini dapat menjaga keamanan dan rekaman meskipun dalam kondisi mati lampu.

1. Sumber Daya Cadangan

CCTV umumnya didukung oleh sumber daya listrik untuk beroperasi. Namun, beberapa sistem modern dilengkapi dengan sumber daya cadangan, seperti baterai yang dapat memberikan daya saat terjadi pemadaman listrik. Sumber daya cadangan ini memungkinkan CCTV untuk tetap berfungsi dan merekam data penting meskipun terjadi pemadaman listrik.

2. UPS (Uninterruptible Power Supply)

Beberapa instalasi CCTV dilengkapi dengan UPS atau Uninterruptible Power Supply. UPS bekerja dengan memberikan daya listrik sementara pada perangkat ketika sumber daya utama mati. Hal ini membuat CCTV tetap aktif dan dapat merekam selama beberapa waktu setelah pemadaman listrik.

3. CCTV dengan Sistem Solar

Beberapa sistem CCTV saat ini juga menggunakan panel surya sebagai sumber daya alternatif. Dengan energi matahari, CCTV dapat beroperasi tanpa ketergantungan pada sumber daya listrik dari jaringan umum. Oleh karena itu, meskipun terjadi pemadaman listrik, CCTV dengan sistem solar masih dapat menjalankan fungsi pengawasannya.

Baca Juga: Tips Mengembalikan Rekaman CCTV yang Terhapus

4. Teknologi Terbaru

Kemajuan dalam teknologi CCTV terus berkembang. Beberapa model terbaru dapat dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan penyimpanan awan dan rekaman jarak jauh. Ini berarti data yang direkam dapat disimpan secara aman di tempat lain dan tetap terjaga bahkan jika kejadian mati lampu terjadi.

5. Hindari Kelemahan dengan Perencanaan yang Baik

Meskipun CCTV dapat dirancang untuk tetap berfungsi saat mati listrik, penting untuk merencanakan instalasi dengan bijak. Pastikan bahwa sumber daya cadangan atau UPS yang digunakan memiliki kapasitas yang memadai untuk mendukung operasi CCTV dalam jangka waktu yang cukup.

Kesimpulan

CCTV dapat tetap berfungsi saat mati listrik dengan bantuan sumber daya cadangan, UPS, atau bahkan energi surya. Namun, pemilik sistem CCTV perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan dirancang untuk menangani keadaan darurat seperti pemadaman listrik. Dengan perencanaan yang baik, CCTV dapat tetap menjadi alat yang efektif dalam menjaga keamanan dan merekam kejadian penting, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun.

Baca Juga: Tips dan Panduan Instalasi CCTV dengan Kabel LAN

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru