Cara Membedakan CCTV Aktif atau Tidak

cara membedakan cctv aktif

Cara Membedakan CCTV Aktif – Mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja ciri-ciri CCTV hidup? Apalagi kita kerap melihat CCTV yang diam tanpa pergerakan dan tidak ada lampu indikator yang menunjukkan CCTV bekerja.

Sekarang ini, penggunaan CCTV makin marak, tidak hanya di kawasan perkotaan atau pusat perbelanjaan, tetapi juga di rumah-rumah. Alat ini dapat merekam secara otomatis layaknya video kamera.

Mengingat cara kerjanya yang merekam otomatis, pemilih rumah kerap tidak memperhatikan apakah CCTV hidup. Lantas, bagaimana cara mengetahui CCTV menyala dan bekerja dengan baik? Simak penjelasan di bawah ini!

7 Cara Membedakan CCTV Aktif

Jika membahas ciri-ciri CCTV hidup, yang terbesit dalam pikiran kita tentu melihat lampu indikator yang menyala. Namun faktanya, lampu indikator CCTV yang hidup belum tentu menandakan bahwa CCTV tersebut benar benar hidup.

Disini, kami akan membahas tetang cara mengetahui CCTV hidup atau mati yang harus kamu ketahui.

1. Melihat Lampu Indikator CCTV

Cara membedakan CCTV aktif yang pertama adalah lampu indikatornya menyala. Namun, jangan senang dulu, belum tentu CCTV bekerja sebagaimana mestinya untuk merekam setiap kejadian didepannya.

Pasalnya, kini ada CCTV palsu yang tujuannya untuk menakut-nakuti oknum yang berniat jahat. CCTV palsu umumnya memiliki lampu indikator berwarna merah yang menyala terang dan berkedip-kedip. Kamu perlu tahu bahwa  lampu pada CCTV betulan tidak terlalu terang. Umumnya, CCTV yang dilengkapi inframerah hanya berkedip di tempat gelap.

Jadi, CCTV betulan tidak akan berkedip sepanjang hari siang dan malam. Saat lampu inframerah menyala, artinya CCTV sedang beroperasi dalam mode gelap. Kalau ingin tahu secara pasti apakah CCTV asli menyala, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan kamera handphone. Hadapkan kamera pada CCTV. Jika kamu melihat lampu terang di kamera ponsel, artinya CCTV menyala.

Baca Juga : Mengatasi Gambar CCTV yang Bergelombang, Begini Caranya.

2. Mengamati Pergerakan CCTV

Ciri-ciri CCTV hidup juga bisa diketahui dari pergerakannya. Ciri cukup jelas dan bisa dikenali dengan mudah, tetapi hanya pada jenis CCTV tertentu. Jenis CCTV yang memiliki fitur pergerakan ke arah kanan-kiri akan selalu bergerak ketika menyala. Umumnya, CCTV jenis ini memiliki bentuk memanjang keluar.

Namun, ada juga CCTV yang hanya bergerak ketika mendeteksi adanya pergerakan. CCTV akan otomatis bergerak mengikuti sensor yang ditangkap.

3. Menggunakan Komputer

Kamu juga bisa mengecek ciri-ciri CCTV hidup dari komputer melalui aplikasi. Pilihan aplikasi semacam ini ada banyak, sebut saja mEye. TinyCam Monitor, IP Cam Viewer, dan IP CAM Controller.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memantau apakah kamera CCTV sedang aktif merekam. Jika memasang lebih dari satu CCTV, aplikasi ini akan memudahkanmu mengecek CCTV mana saja yang hidup dan mana yang mati.

Ditambah lagi, aplikasi ini bisa terhubung dengan internet sehingga kamu bisa mengeceknya kapan saja dan dimana saja secara realtime.

4. Menggunakan Smartphone

Mengecek ciri-ciri CCTV hidup juga bisa kamu lakukan dengan berbekal smartphone dan jaringan internet. Sama seperti cara sebelumnya, status keaktifan CCTV bisa dipantau melalui aplikasi.

Jadi, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang kemudian dihubungkan dengan CCTV. Saat ingin mengecek apakah CCTV hidup, kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut melalui smartphone.

Contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Viewtron CCTV DVR Viewer yang bisa kamu download di Play Store. Selain memantau apakah CCTV hidup, aplikasi ini juga dilengkapi fitur mode tampilan lanskap dan portrait serta zoom in hingga 1080p.

Baca Juga: Cara Melihat Rekaman CCTV Melalui Smartphone Dengan Mudah

5. Cek Dengan Detektor Alat Penyadap

Cara Membedakan CCTV Aktif bukan hanya menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mendeteksi apakah CCTV hidup dengan menggunakan detektor alat penyadap. Sesuai namanya, detektor ini berfungsi untuk mendeteksi adanya alat penyadap.

Biasanya alat semacam ini digunakan dalam pekerjaan mata-mata untuk mencari tahu apakah terpasang alat penyadap di suatu tempat. Namun, kamu juga bisa membelinya di toko online dengan harga terjangkau.

Ketika didekatkan pada CCTV, detektor alat penyadap akan menampilkan sinyal yang stabil yang artinya CCTV hidup. Detektor ini bisa menjadi alat yang sangat berguna buat kamu yang sering bepergian dan bermalam di penginapan.

Dengan menggunakan detektor, kamu bisa memeriksa apakah kamar di penginapan dipasangi CCTV atau kamera tersembunyi. Jadi, kamu bisa menghindari gangguan privasi atau hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Lihat Kabel dan Material Cover CCTV

Instalasi CCTV yang palsu biasanya memperlihatkan kabel yang terlihat jelas untuk mengelabuhi orang. Di samping itu, CCTV palsu umumnya terbuat dari material plastik yang tampak ringkih.

Ditambah lagi, seperti disebutkan sebelumnya, CCTV palsu memiliki lampu indikator berwarna merah terang yang selalu berkedip. Jadi, kalau CCTV memiliki ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar CCTV tidak hidup karena palsu. Sebaliknya, pemasangan CCTV asli yang dilakukan oleh teknisi biasanya terlihat rapi. Jadi, tidak ada kabel yang berantakan.

Di samping itu, CCTV asli terbuat dari bahan yang bagus dan kukuh. Hal ini karena CCTV dibuat untuk pemasangan di luar ruangan sehingga harus bisa bertahan menghadapi perubahan cuaca.

7. Cek Konektivitas WI-FI

Tidak banyak yang tahu ciri-ciri CCTV hidup satu ini. Ya, kamu bisa mengetahui keaktifan CCTV dengan mengecek konektivitas Wi-Fi. Beberapa CCTV keluaran sekarang sudah wireless artinya tidak memerlukan instalasi dengan kabel. Cara kerja CCTV wireless adalah dengan menghubungkan dengan Wi-Fi yang ada di rumah. Jadi, kamu bisa mengecek apakah CCTV terkoneksi dengan Wi-Fi. Jika ya, berarti CCTV hidup dan sedang merekam.

Itulah cara membedakan CCTV aktif semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pemasangan dan perbaikan CCTV atau sistem keamanan lainnya silahkan hubungi Gudang CCTV.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru