Panduan Lengkap Memutar Ulang CCTV di Hikvision

Memutar Ulang CCTV di Hikvision

 ini Panduan Lengkap Memutar Ulang CCTV di Hikvision: Cara Praktis Memanfaatkan Rekaman Keamanan

Memutar Ulang CCTV di Hikvision – Sedang mencari cara untuk memutar rekaman CCTV di perangkat HP atau layar PC Anda? Terkadang, situasi tak terduga seperti pencurian di malam hari dapat terjadi. Dalam panduan lengkap ini, kami akan memberikan langkah-langkah untuk memutar ulang rekaman CCTV di sistem Hikvision.

Pentingnya Memutar Ulang Rekaman CCTV

Pentingnya memutar ulang rekaman CCTV dalam konteks keamanan dan pemantauan sangat besar. Selain itu, mari kita bahas manfaat sistem CCTV Hikvision dan DVR (Digital Video Recorder) dalam merekam dan menyimpan rekaman.

Memahami Sistem CCTV Hikvision

Mari kita mulai dengan memahami komponen-komponen dan fitur-fitur yang dimiliki oleh sistem ini.

1. Komponen-komponen Sistem CCTV Hikvision

Sistem CCTV Hikvision terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk memberikan pemantauan dan rekaman berkualitas. Berikut adalah komponen utama dalam sistem CCTV Hikvision:

Kamera Keamanan

Kamera keamanan adalah komponen utama dalam sistem CCTV. Hikvision menawarkan berbagai jenis kamera, mulai dari kamera analog hingga kamera IP yang canggih. Kamera keamanan Hikvision didesain dengan teknologi tinggi untuk memberikan gambar yang tajam dan jernih.

DVR (Digital Video Recorder)

DVR merupakan pusat dari sistem CCTV Hikvision. Benda berfungsi untuk merekam dan menyimpan rekaman video dari kamera keamanan. Hikvision menyediakan DVR dengan kapasitas penyimpanan yang bervariasi, mulai dari beberapa terabyte hingga puluhan terabyte. DVR juga dilengkapi dengan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengakses rekaman CCTV.

Kabel dan Penghubung

Untuk menghubungkan kamera keamanan dengan DVR, diperlukan kabel dan penghubung yang sesuai. Hikvision menyediakan kabel dan penghubung berkualitas tinggi yang memastikan transmisi data yang stabil dan aman.

2. Fitur-fitur Sistem CCTV Hikvision

Sistem CCTV Hikvision dilengkapi dengan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja sistem. Berikut adalah beberapa fitur penting yang dimiliki oleh sistem CCTV Hikvision:

Resolusi Tinggi

Hikvision menyediakan kamera keamanan dengan resolusi tinggi, seperti 1080p Full HD atau bahkan 4K Ultra HD. Resolusi yang tinggi memungkinkan Anda melihat gambar yang jelas dan detail yang lebih baik saat memutar ulang rekaman CCTV.

Pendeteksian Gerakan

Fitur ini memungkinkan kamera CCTV Hikvision untuk mendeteksi gerakan yang mencurigakan. Ketika ada gerakan yang terdeteksi, sistem akan mengaktifkan perekaman dan memberikan notifikasi kepada Anda. Fitur ini sangat berguna untuk mengidentifikasi kejadian yang penting saat memutar ulang rekaman CCTV.

Fungsi Inframerah

Banyak kamera keamanan Hikvision dilengkapi dengan fungsi inframerah yang memungkinkan pengambilan gambar pada kondisi pencahayaan rendah atau bahkan dalam kegelapan total. Fitur ini memastikan bahwa rekaman CCTV tetap berkualitas meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Akses Jarak Jauh

Sistem CCTV Hikvision memungkinkan akses jarak jauh melalui aplikasi atau perangkat lunak yang disediakan. Dengan menggunakan perangkat seluler atau komputer, Anda dapat mengakses rekaman CCTV dan memutar ulang video dari mana saja dan kapan saja.

Sistem Manajemen Sentral

Hikvision menyediakan perangkat lunak manajemen sentral yang memungkinkan Anda mengelola dan mengontrol beberapa sistem CCTV secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki beberapa lokasi yang perlu dipantau.

Mengakses Antarmuka DVR

Langkah-langkah untuk mengakses antarmuka DVR pada sistem CCTV Hikvision.

  1. Pastikan DVR Hikvision terhubung dengan monitor atau layar yang sesuai. Periksa koneksi kabel antara DVR dan monitor untuk memastikan bahwa Anda terhubung dengan benar.
  2. Nyalakan monitor atau layar yang terhubung dengan DVR Hikvision. Pastikan monitor dalam kondisi menyala.
  3. Buka aplikasi web browser di komputer atau perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama dengan DVR Hikvision.
  4. Masukkan alamat IP DVR Hikvision pada bar alamat browser. Alamat IP DVR biasanya dapat ditemukan pada dokumentasi yang disertakan atau dapat dikonfigurasi di awal pengaturan sistem.
  5. Tekan tombol “Enter” pada keyboard atau ikon “Go” di browser untuk mengakses antarmuka DVR Hikvision.
  6. Setelah mengakses antarmuka, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi login. Masukkan nama Anda (username) dan kata sandi (password) yang telah ditetapkan saat konfigurasi awal DVR. Pastikan untuk memasukkan informasi login yang benar agar dapat mengakses antarmuka secara penuh.
  7. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke antarmuka utama DVR Hikvision. Antarmuka ini memberikan akses ke berbagai fitur dan pengaturan yang tersedia.
  8. Navigasi menu antarmuka untuk menemukan opsi pemutaran ulang atau rekaman CCTV. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan dalam menu “Rekaman” atau “Pemutaran Ulang”.
  9. Setelah menemukan opsi pemutaran ulang, Anda dapat memilih tanggal, waktu, dan kamera yang ingin diputar ulang. Pilih rekaman yang diinginkan dan tekan tombol “Play” atau ikon serupa untuk memulai pemutaran ulang.

Selama pemutaran ulang, Anda dapat menggunakan kontrol pemutaran yang tersedia, seperti tombol putar, jeda, maju cepat, dan mundur. Anda juga dapat mengatur kecepatan pemutaran ulang sesuai kebutuhan.

Pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi login Anda dan selalu mengikuti panduan penggunaan yang disediakan oleh Hikvision untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam memutar ulang rekaman CCTV.

Menemukan dan Memilih Rekaman yang Terekam

Dalam sistem CCTV Hikvision, menemukan dan memilih rekaman yang telah terekam adalah langkah penting dalam memutar ulang kejadian yang terjadi di masa lalu. Langkah-langkah yang perlu diikuti untuk melakukan tugas tersebut dengan mudah dan efektif.

Menggunakan Antarmuka Pemutaran Ulang

  1. Setelah berhasil login ke antarmuka DVR Hikvision, cari dan pilih opsi “Pemutaran Ulang” atau “Rekaman”. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan pada menu utama atau menu navigasi di antarmuka.
  2. Di antarmuka pemutaran ulang, Anda akan melihat tampilan kalender yang menampilkan tanggal-tanggal yang tersedia.
  3. Pilih tanggal ketika kejadian yang ingin Anda periksa terjadi. Anda dapat menggunakan tombol navigasi di kalender untuk memilih bulan dan tahun yang tepat.
  4. Setelah memilih tanggal, antarmuka pemutaran ulang akan menampilkan rekaman CCTV yang tersedia untuk tanggal tersebut. Rekaman ini biasanya ditampilkan dalam bentuk daftar atau thumbnail video.
  5. Telusuri daftar rekaman CCTV dan perhatikan informasi waktu dan deskripsi yang terkait dengan setiap rekaman. Informasi ini akan membantu Anda dalam memilih rekaman yang relevan dengan kejadian yang ingin Anda periksa. Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian untuk mempersempit daftar rekaman berdasarkan waktu atau kamera yang terkait.
  6. Pilih rekaman yang diinginkan dengan mengklik thumbnail video atau menggunakan tombol navigasi yang tersedia. Beberapa antarmuka pemutaran ulang mungkin juga memiliki fitur pemfilteran atau pengurutan untuk membantu Anda menemukan rekaman dengan lebih cepat.
  7. Setelah memilih rekaman, antarmuka pemutaran ulang akan memulai pemutaran video. Anda dapat menggunakan kontrol pemutaran yang tersedia, seperti tombol putar, jeda, maju cepat, dan mundur, untuk mengatur pemutaran sesuai kebutuhan Anda. Juga, perhatikan tombol untuk mengubah kecepatan pemutaran, mengatur loop, atau melakukan perbesaran pada rekaman.

Kontrol dan Opsi Pemutaran Ulang

Bagian ini akan menjelaskan berbagai kontrol dan opsi yang tersedia saat memutar ulang rekaman CCTV pada sistem Hikvision.

Kontrol Pemutaran

Ketika memutar ulang rekaman CCTV, antarmuka pemutaran ulang pada sistem Hikvision menyediakan berbagai tombol kontrol yang memungkinkan Anda untuk mengatur pemutaran dengan lebih presisi.

  • Putar: Tombol putar memulai pemutaran rekaman CCTV.
  • Jeda: Tombol jeda digunakan untuk menghentikan pemutaran sementara rekaman CCTV.
  • Maju Cepat: Tombol maju cepat memungkinkan Anda untuk mempercepat pemutaran rekaman CCTV.
  • Mundur: Tombol mundur memungkinkan Anda untuk memutar ulang rekaman CCTV secara mundur.
  • Tombol Perbesaran (Zoom): Beberapa antarmuka pemutaran ulang menyediakan tombol perbesaran (zoom) yang memungkinkan Anda memperbesar gambar pada rekaman CCTV.

Opsi Pemutaran Ulang

Selain tombol kontrol pemutaran, antarmuka pemutaran ulang pada sistem Hikvision juga menyediakan berbagai opsi yang dapat disesuaikan oleh Anda. Berikut adalah beberapa opsi pemutaran ulang yang umumnya tersedia:

  • Kecepatan Pemutaran: Anda dapat mengatur kecepatan pemutaran rekaman CCTV sesuai kebutuhan.
  • Loop: Opsi loop memungkinkan pemutaran rekaman CCTV secara berulang.
  • Arah Pemutaran: Beberapa antarmuka pemutaran ulang juga menyediakan opsi untuk mengatur arah pemutaran rekaman CCTV.
  • Kualitas Pemutaran: Opsi kualitas pemutaran memungkinkan Anda untuk mengatur kualitas gambar rekaman CCTV yang diputar ulang. Anda dapat memilih opsi kualitas yang lebih rendah untuk mempercepat pemutaran atau opsi kualitas yang lebih tinggi untuk melihat detail dengan lebih baik.
  • Perbesaran (Zoom): Beberapa antarmuka pemutaran ulang menyediakan opsi perbesaran (zoom) yang memungkinkan Anda memperbesar gambar pada rekaman CCTV. Dengan opsi ini, Anda dapat melihat detail dengan lebih jelas.

Kontrol dan opsi ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam memantau dan memeriksa rekaman CCTV dengan lebih efektif.

Menggunakan Alat Pencarian dan Pemutaran Ulang

Dalam sistem CCTV Hikvision, terdapat alat pencarian dan pemutaran ulang yang dapat membantu Anda dalam menemukan rekaman yang spesifik dan meningkatkan pengalaman pemutaran ulang.

Alat Pencarian

Pada antarmuka pemutaran ulang sistem CCTV Hikvision, cari dan pilih opsi “Pencarian” atau “Cari Rekaman”. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu utama atau menu navigasi.

Setelah masuk ke opsi pencarian, Anda akan melihat berbagai parameter pencarian yang dapat Anda atur. Beberapa parameter umum yang tersedia termasuk tanggal, waktu, kamera, dan jenis kejadian.

Atur parameter pencarian sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mencari rekaman pada tanggal tertentu, pilih tanggal yang sesuai dari kalender. Jika Anda ingin mencari rekaman pada jam tertentu, atur jam dan menit yang diinginkan.

Setelah mengatur parameter pencarian, klik tombol “Cari” atau ikon serupa untuk memulai proses pencarian. Sistem akan mencari rekaman yang sesuai dengan parameter yang Anda tentukan.

Hasil pencarian akan ditampilkan dalam bentuk daftar atau thumbnail video.

Telusuri hasil pencarian dan pilih rekaman yang relevan dengan kejadian yang ingin Anda periksa. Gunakan kontrol pemutaran yang tersedia untuk memutar ulang rekaman tersebut dan perhatikan dengan cermat detail kejadian yang terjadi.

Pastikan untuk memperhatikan informasi waktu, deskripsi, dan parameter pencarian yang relevan untuk mempercepat proses pencarian dan memperoleh rekaman yang tepat.

Mengekspor dan Menyimpan Rekaman CCTV

Bagian ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengekspor dan menyimpan rekaman CCTV yang telah diputar ulang pada sistem Hikvision.

Mengekspor dan menyimpan rekaman adalah penting untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, arsip, atau berbagi dengan pihak yang berwenang. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Setelah memutar ulang rekaman CCTV yang diinginkan, cari tombol “Ekspor” atau “Simpan” pada antarmuka pemutaran ulang. Biasanya, tombol ini dapat ditemukan di bagian bawah layar atau dalam menu opsi.
  2. Klik tombol “Ekspor” atau “Simpan” untuk membuka jendela atau dialog yang menampilkan pengaturan ekspor atau penyimpanan.
  3. Pilih lokasi penyimpanan tempat Anda ingin menyimpan rekaman. Anda dapat memilih folder di komputer lokal, penyimpanan eksternal seperti flash drive atau hard drive, atau cloud storage jika tersedia.
  4. Atur format file untuk rekaman yang akan diekspor. Hikvision menyediakan berbagai format file yang kompatibel, seperti AVI, MP4, atau format Hikvision sendiri (Dav/Smart Player).
  5. Jika diperlukan, atur rentang waktu yang ingin Anda ekspor atau simpan. Anda dapat memilih sebagian rekaman atau seluruhnya sesuai kebutuhan Anda.
  6. Jika tersedia, pilih opsi kompresi atau kualitas file. Jika Anda ingin mengurangi ukuran file, Anda dapat mengatur tingkat kompresi yang lebih tinggi. Namun, perlu diingat bahwa tingkat kompresi yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas video.
  7. Setelah mengatur pengaturan yang diinginkan, klik tombol “Ekspor” atau “Simpan” untuk memulai proses menyimpan rekaman. Tunggu hingga proses selesai, tergantung pada ukuran file dan kecepatan transfer data.
  8. Setelah proses selesai, rekaman CCTV akan disimpan di lokasi yang telah Anda pilih. Pastikan untuk memeriksa lokasi penyimpanan dan verifikasi bahwa file rekaman CCTV telah berhasil disimpan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat dengan mudah mengekspor dan menyimpan rekaman CCTV yang telah diputar ulang pada sistem Hikvision sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga : Paket CCTV 4 Kamera Murah Bergaransi

Mengelola dan Membagi Rekaman CCTV

Bagian ini akan menjelaskan cara mengelola dan membagi rekaman CCTV yang telah terekam pada sistem Hikvision.

Mengelola dan membagi rekaman yang relevan dan penting memungkinkan Anda untuk menjaga keamanan, berkolaborasi dengan pihak lain, atau menyimpan rekaman dalam arsip yang terorganisir. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diikuti:

Mengelola Rekaman

Setelah memutar ulang rekaman CCTV yang diinginkan, perhatikan opsi pengelolaan yang tersedia pada antarmuka pemutaran ulang. Biasanya, terdapat tombol atau menu terkait pengelolaan seperti “Kelola” atau “Rekaman”.

  1. Klik tombol atau pilih menu pengelolaan untuk membuka antarmuka pengelolaan rekaman. Di antarmuka ini, Anda dapat melihat daftar rekaman CCTV yang tersimpan.
  2. Telusuri daftar rekaman dan perhatikan informasi yang terkait dengan setiap rekaman, seperti nama file, tanggal dan waktu rekaman, atau kamera yang terkait. Beberapa sistem Hikvision juga menyediakan fitur untuk memberikan deskripsi atau tag pada rekaman untuk mempermudah pengelolaan.
  3. Gunakan opsi pengelolaan yang tersedia, seperti mengubah nama file, menghapus rekaman yang tidak relevan, atau mengatur folder atau kategori yang sesuai. Hal ini akan membantu Anda mengorganisir rekaman dengan lebih baik dan memudahkan akses di kemudian hari.
  4. Jika sistem Hikvision mendukung fitur tag, Anda juga dapat memberikan tag pada rekaman berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, Anda dapat menandai rekaman sebagai “Kejadian Penting” atau “Rekaman Terkait Polisi” untuk memudahkan pengelolaan dan pencarian rekaman di masa mendatang.

Membagi Rekaman

Membagi rekaman CCTV dengan pihak yang berwenang atau rekan kerja dapat menjadi langkah penting dalam investigasi atau keamanan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membagi rekaman CCTV:

  1. Pilih rekaman CCTV yang ingin Anda bagikan dari daftar rekaman yang tersimpan.
  2. Setelah memilih rekaman, cari tombol atau opsi “Bagikan” atau “Kirim” pada antarmuka pengelolaan. Klik tombol tersebut untuk membuka opsi berbagi.
  3. Pilih metode berbagi yang sesuai. Anda dapat memilih untuk mengirim rekaman melalui email, membagikannya melalui cloud storage, atau menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flash drive.
  4. Atur parameter berbagi, seperti alamat email penerima, folder tujuan di cloud storage, atau media penyimpanan eksternal yang akan digunakan.
  5. Konfirmasi pengaturan berbagi dan klik tombol “Kirim” atau “Bagikan” untuk memulai proses berbagi rekaman. Pastikan untuk memeriksa apakah berbagi rekaman memerlukan izin atau akses tertentu, dan atur dengan benar.
  6. Setelah proses berbagi selesai, rekaman CCTV akan tersedia untuk pihak yang berwenang atau rekan kerja sesuai dengan metode berbagi yang Anda pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengelola dan membagi rekaman CCTV dengan lebih efektif dalam berbagai konteks, termasuk investigasi keamanan atau kolaborasi dengan pihak lain.

Kesimpulan

Memutar Ulang CCTV di Hikvision adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan memantau kejadian yang telah terjadi. Dalam panduan ini, kami telah membahas langkah-langkah untuk memutar ulang, menemukan, mengelola, dan membagi rekaman CCTV dengan mudah dan efektif.

Penting untuk memahami komponen dan fitur sistem CCTV Hikvision serta cara mengakses antarmuka DVR untuk memutar ulang rekaman. Selain itu, penggunaan alat pencarian dan pemutaran ulang, serta kemampuan mengelola dan membagi rekaman, akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas Anda dalam memanfaatkan rekaman CCTV untuk tujuan keamanan dan pemantauan.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat memaksimalkan manfaat dari sistem CCTV Hikvision Anda dan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi situasi yang memerlukan pemutaran ulang rekaman keamanan.

Ingatlah untuk selalu mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan pemantauan dan rekaman CCTV serta menjaga privasi individu yang terekam dalam rekaman. Pastikan untuk hanya menggunakan rekaman CCTV untuk tujuan yang sah dan etis.

Anda butuh Pemasangan CCTV?

Keamanan adalah prioritas utama, dan memilih gudang CCTV berpengalaman adalah langkah bijak untuk melindungi properti dan bisnis Anda.

Dengan keahlian dalam instalasi, kualitas peralatan yang unggul, serta dukungan teknis yang andal, Anda dapat memiliki keyakinan penuh bahwa sistem keamanan Anda berfungsi optimal.

Percayakanlah keamanan Anda kepada para ahli gudang CCTV berpengalaman, dan nikmati ketenangan pikiran yang Anda cari.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya. Untuk Konsultasi Gratis Marketing : 081317650003 Email : dm@gudangcctv.id Alamat : Ruko Turbine No 2H Jl. Raya Serang Km 11 RW 4 Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

 

Berita Terbaru