Mengenal Komponen CCTV Beserta Fungsinya

Mengenal Komponen CCTV Beserta Fungsinya

Komponen CCTV – CCTV atau Closed Circuit Television adalah perangkat keamanan yang mentransmisi sinyal tertutup menuju monitor dalam menjalankan fungsinya sebagai sistem pengawasan.

Penggunaan CCTV ini dapat Anda tempatkan seperti di bandara, sekolah, toko, kantor, jalan raya, bank, hingga rumah. Jika umumnya kita hanya melihat bagian kamera, ternyata terdapat beberapa komponen CCTV yang menjalankan fungsinya masing-masing. Lalu, apa saja komponen CCTV dan apa saja fungsinya? Selengkapnya ada dipenjelasan berikut ini!

Komponen CCTV dan Fungsinya

1. Kamera CCTV

Sesuai dengan namanya, kamera CCTV memiliki fungsi untuk merekam dan mengambil gambar di sudut atau wilayah yang telah Anda tentukan. Terdapat dua jenis kamera CCTV yang berbeda berdasarkan letaknya, yaitu CCTV indoor dan CCTV outdoor.

Kamera CCTV memiliki beberapa fitur pendukung untuk merekam gambar dengan jernih dalam 24 jam penuh. Seperti night vision yang membuat kamera dapat merekam gambar dengan pencahayaan terbatas atau saat malam hari, infrared dengan frekuensi tertentu yang tidak dapat pengguna lihat dengan mata telanjang manusia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Keunggulan CCTV Analog dan IP Camera. Pilih Yang Mana?

2. Digital Video Recorder (DVR)

Perangkat pembantu pertama dari kamera CCTV adalah DVR. Alat dengan berbentuk balok pipih ini memiliki fungsi sebagai pengolah informasi yang diterima dari kamera CCTV, dan kemudian disimpan dalam penyimpan tertentu. DVR menjadi pusat pengolahan data dari keseluruhan perangkat CCTV.
Informasi yang telah diolah di DVR dari kamera CCTV kemudian akan diteruskan ke monitor CCTV, baik dalam bentuk digital maupun analog. Dengan fungsinya yang sangat penting ini, ada baiknya Anda menyimpan DVR di ruangan terbatas yang hanya dapat diakses oleh orang tertentu dan jauh dari jangkauan umum.

Baca Juga: Perbedaan NVR dan DVR, Jangan Sampai Salah Pilih

3. Kabel CCTV

Kabel CCTV bertugas menghubungkan satu perangkat dengan yang lainnya. Terdapat dua jenis kabel khusus yang digunakan dalam keseluruhan sistem kerja CCTV, yakni kabel coaxial dan kabel power. Kabel-kabel tersebut nantinya menyalurkan supply daya listrik ke seluruh bagian perangkat CCTV.

Kabel coaxial memiliki fungsi sebagai kabel perantara antara kamera CCTV ke DVR dan menyalurkan sinyal video yang direkam kamera dan kemudian diolah oleh DVR. Sedangkan kabel power berfungsi untuk memberi daya listrik secara terpusat yang kemudian disalurkan ke kamera CCTV.

Baca Juga: Kabel CCTV, Ketahui Jenis dan Fungsinya.

4. Power Supply

Sesuai dengan namanya, power supply mempunyai tugas untuk menyediakan dan mengalirkan tegangan listrik ke kamera agar keseluruhan perangkat CCTV dapat bekerja dengan efisien sesuai dengan fungsinya. Tegangan listrik yang me oleh power supply memiliki tegangan DC 12 V.

Secara perhitungan, satu power supply dapat mengalirkan tegangan listrik dengan baik ke 4 hingga 16 kamera CCTV. Dalam prosesnya, setiap merk dan jenis CCTV menggunakan power supply yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya menggunakan tegangan DC 12 volt, DC 24 volt, atau AC 24 volt.

5. Konektor RF

Pada perangkat CCTV terdapat konektor RF yang menjadi komponen penghubung atau penghantar yang terpasang di ujung kabel coaxial. Konektor ini mempunyai kegunaan untuk menghubungkan kamera CCTV dengan perangkat DVR.

Setidaknya ini membutuhkan dua jenis konektor agar CCTV dapat berfungsi, yakni DC dan BNC. Konektor DC berfungsi untuk power CCTV. Sedangkan konektor BNC atau Bayonet Neil Concelman berguna sebagai konektor kabel data.

6. Storage

Sebagai pengolah dan penyimpan data, DVR tidak dapat bekerja sendiri. Terdapat penyimpan khusus atau storage yang masuk ke dalam DVR untuk menyimpan semua informasi yang telah DVR olah. Ada beberapa jenis penyimpanan yang dapat DVR gunakan, seperti Hard Disk, Cloud, NAS, ataupun SSD.

Penyimpan atau storage ini memungkinkan pemilik CCTV memutar kembali rekaman dari waktu tertentu.

7. Monitor CCTV

Perangkat terakhir adalah monitor CCTV. Monitor berfungsi sebagai penampil hasil rekaman atau hasil pemantauan kamera CCTV secara real-time. Anda dapat menggunakan jenis monitor apa saja, seperti monitor tabung, LCD, LED atau CRT. Monitor nantinya akan menampilkan hasil gambar dengan kualitas sesuai yang kamera miliki. Misalnya 1080p atau TVL 600.
Dengan kecanggihan teknologi, Anda dapat memantau tampilan dari beberapa kamera CCTV dalam satu layar yang sama dengan kualitas yang sama baiknya.

Nah, itu tadi penjelasan masing-masing komponen CCTV dan fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan informasi para pembaca sekalian ya!

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H Jl. Raya Serang Km 11 RW 4 Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru