Penyebab CCTV Bunyi dan Cara Mengatasinya

Cara

Penyebab CCTV Bunyi – CCTV berbunyi merupakan suatu permasalahan yang mungkin akan membuat orang bingung ketika orang tersebut masih awam dengan CCTV. Tidak sedikit orang ketakutan ketika CCTV mereka berbunyi, ada yang bilang itu konslet dan takut meledak dan sebagainya.

Perlu kalian ketahui bunyi tersebut adalah sebuah alarm yang ada di dalam DVR yang menandakan ada error di perangkat CCTV kalian sehingga menimbulkan bunyi di DVR.

1. Cek Hardisk DVR

Salah satu error yang sering muncul dan mengakibatkan CCTV berbunyi adalah Hardisk yang ada didalam DVR. Apabila hardisk error kebanyakan DVR akan memicu alarm didalamnya berbunyi, sehingga CCTV kalian tidak akan merekam.

Untuk mengatasi hal tersebut, Langkah pertama cek apakah CCTV kalian merekam atau tidak. Biasanya di setiap merk DVR ada tanda atau logo ketika DVR merekam. Jika tanda atau logo tersebut tidak ada atau hilang di layar utama, sudah dipastikan bahwa yang memicu alarm berbunyi adalah error pada hardisk DVR tersebut.

Selanjutnya coba ganti hardisk yang ada didalam DVR kalian. Caranya matikan terlebih dahulu perangkat CCTV kalian. Kemudian buka hardcase DVR dengan cara membuka baut yang ada di DVR setelah itu buka juga baut hardisk yang ada dibawah DVR.

Ganti hardisk tersebut dengan hardisk yang baru dan pastikan tidak ada bad sector didalam hardisk tersebut. Setelah hardisk diganti baru, format hardisk di menu DVR kalian. Untuk cara formatnya setiap merek DVR memiliki menu yang berbeda.

Setelah terformat pastikan DVR kalian sudah merekam dengan cara cek rekaman atau playback 5 menit setelah hardisk baru terpasang. Atau kalian juga bisa cek tanda atau logo merekam seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Baca juga : Cara Melihat Rekaman CCTV Melalui Smartphone Dengan Mudah

2. Cek Settingan Alarm

Penyebab CCTV Bunyi – Pada setiap DVR pasti ada menu untuk setting alarm seperti motion detection, video loss, line crossing dan sebagainya tergantung pada merek DVR. Lihat pada menu alarm DVR apakah salah satu settingan alarm tersesbut ada yang di Enabled. Jika ada yang di enable bisa jadi hal tersebut yang menyebabkan CCTV berbunyi.

Jika dirasa alarm tersebut mengganggu silahkan matikan alarm dengan cara men disabled settingan di menu alarm. Tidak semua DVR memiliki buzzer, ada beberapa DVR yang justru tidak akan ketahuan jika terjadi error di perangkat tersebut karena tidak ada alarm didalamnya.

Sehingga hal tersebut akan sedikit merugikan bagi kita ketika ada error pada hardisk. Pada saat kita akan melihat rekaman dan ternyata hardisk error maka rekaman yang ingin kita lihat tidak ditemukan. Selain hardisk error ada juga settingan untuk membunyikan alarm ketika gambar CCTV kalian ada yang mati.

Baca Juga : Cara Playback Rekaman CCTV Pada DVR Hikvision

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab CCTV berbunyi dan cara mengatasinya. Jika masih ada masalah atau kendala dalam penerapannya kalian bisa panggil teknisi untuk dibantu lebih lanjut.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru