Penyebab Gambar CCTV Goyang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gambar CCTV Goyang dan Cara Mengatasinya

Banyak masalah yang bisa saja terjadi pada CCTV. Salah satu masalah yang sering terjadi pada sistem CCTV Analog adalah gambar CCTV Bergoyang, untuk mengatasinya kita harus mengetahui penyebabnya juga.

Biasanya tidak semua channel kamera yang ada mengalami gambar bergoyang. Pada sistem CCTV 8 kamera misalnya, hanya terdapat 1 atau 2 kamera saja yang mengalami masalah ini. Jika dibiarkan tentu saja akan membuat hasil gambar jelek dan mempersulit identifikasi jika ada kejadian penting.

Penyebab Gambar CCTV Goyang

Pertama kita harus tahu dulu akar masalah yang menjadi penyebab CCTV mengalami gambar tampilan berbayang atau goyang. Penyebabnya antara lain sebagai berikut.

1. Konektor BNC Kendor

Konektor BNC yang kendor bisa menyebabkan CCTV bergoyang. Ini terjadi karena bagian dalam tidak mengigit kabel kawat dengan sempurna. Dengan kata lain koneksi BNC ke RG59 bagian dalam ngambang.

2. Kabel Terlalu Panjang

Idealnya untuk mendapatkan gambar maksimal disarankan untuk menggunakan kabel CCTV dengan tarikan tidak lebih dari 100 meter. Jika tarikan melebihi 100 meter maka bisa menyebabkan sinyal video tidak stabil.

3. Interfensi Listrik

Peletakan kabel CCTV yang tidak tepat bisa menyebabkan gangguan gambar garis-garis dan bergoyang. Misalnya meletakan kabel RG59 berbarengan dengan kbel listrik tegangan tinggi.

Baca Juga : Gambar CCTV Bergelombang, Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Cara Mengatasi CCTV Bergoyang

Agar gambar CCTV menjadi jernih kembali maka kita perlu cara mengatasi CCTV bergoyang atau garis vertikal. Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi.

1. Cek Konektor BNC

Jika kemungkinan terjadi karena BNC yang mengalami masalah maka kita perlu memeriksa keadaan jack BNC CCTV. Kita bisa cek pin yang berwarna kuning apakah terlalu masuk ke dalam atau normal. Jika pin tengah masuk terlalu dalam maka kita harus mengganti dengan BNC yang baru.

2. Tambahkan Ground Loop Isolator

Jika koneksi ternyata bukan permasalahannya langkah lain adalah dengan mengurangi panjang kabel. Jika memang terpaksa tidak bisa dikurangi maka kita bisa menambahkan alat Ground Loop Isolator. Alat ini berfungsi mengisolasi Ground Loop yang terjadi karena ketidak seimbangan tegangan sinyal video.

3. Jauhkan dari Kabel Tegangan Tinggi

Dalam pemasangan CCTV seharusnya teknisi mempertimbangkan untuk menjauhkan kabel dari instalasi listrik bertegangan tinggi. Secara teknis kabel listrik mengeluarkan frekuensi liar yang bisa mengakibatkan gangguan pada gambar CCTV dan mengakibatkan gambar bergoyang.

Itulah beberapa penyebab gambar CCTV goyang dan cara mengatasinya semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada CCTV Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pemasangan dan perbaikan CCTV atau sistem keamanan lainnya silahkan hubungi Gudang CCTV.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru