Rekaman CCTV Hilang: Penjelasan dan Solusi

rekaman CCTV Hilang

Rekaman CCTV adalah salah satu bukti penting untuk mengungkap kasus kriminal, kecelakaan, atau kejadian lain yang membutuhkan klarifikasi. Namun, ada kalanya rekaman CCTV yang hilang atau rusak sehingga tidak bisa diputar atau dilihat. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Penyebab Rekaman CCTV Hilang

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rekaman  dapat hilang, antara lain:

Kapasitas penyimpanan yang tidak mencukupi.

Jika harddisk atau kartu memori yang digunakan untuk menyimpan rekaman CCTV sudah penuh, maka rekaman baru akan menimpa rekaman lama secara otomatis. Hal ini bisa dicegah dengan memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan dan frekuensi rekaman.

Baca Juga : Menghitung Kapasitas Hardisk CCTV 500GB

Kesalahan pengaturan waktu.

Jika waktu pada DVR atau NVR tidak disinkronkan dengan waktu sebenarnya, maka rekamannya bisa hilang karena tidak sesuai dengan tanggal dan jam yang diinginkan. Hal ini bisa dicegah dengan mengatur waktu pada DVR atau NVR secara akurat dan rutin.

Baca Juga : Berapa Lama Rekaman CCTV Akan Hilang

Gangguan listrik atau sinyal

Jika terjadi pemadaman listrik atau gangguan sinyal saat rekaman CCTV sedang berlangsung, maka rekaman tersebut bisa hilang atau rusak karena tidak tersimpan dengan baik. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan UPS (uninterruptible power supply) atau stabilizer untuk menjaga ketersediaan listrik dan sinyal.

Kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak

Jika hard disk, kartu memori, DVR, NVR, kamera, atau kabel yang digunakan untuk rekaman CCTV mengalami kerusakan fisik atau software, maka rekaman CCTV bisa hilang atau rusak karena tidak bisa dibaca atau diproses dengan baik. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala dan mengganti perangkat yang sudah usang atau rusak.

Baca Juga : Durasi Rekaman CCTV dan Kapasitas Hardisk yang Diperlukan

Solusi Rekaman CCTV Hilang

Jika rekaman CCTV sudah hilang, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencoba mengembalikannya, antara lain:

Menggunakan software recovery.

Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus dari hard disk atau kartu memori, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Data Recovery, dll.

Software ini bisa diunduh secara gratis atau berbayar dari internet dan diinstal pada komputer. Kemudian, hard disk atau kartu memori yang berisi rekaman CCTV harus dilepas dari DVR atau NVR dan disambungkan ke komputer menggunakan kabel USB atau adaptor.

Setelah itu, software recovery bisa digunakan untuk memindai dan mengembalikan data yang hilang.

Menghubungi penyedia layanan CCTV

Jika rekaman CCTV disimpan di cloud atau server online milik penyedia layanan CCTV, maka bisa menghubungi pihak tersebut untuk meminta bantuan mengembalikan rekaman yang hilang. Biasanya, penyedia layanan CCTV memiliki backup data yang bisa dikirimkan kembali kepada pelanggan jika terjadi masalah.

Baca Juga : Jasa Teknisi CCTV Tangerang

Melaporkan ke polisi

Jika rekaman CCTV tiada karena dicuri atau dihapus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka bisa melaporkan ke polisi untuk mendapatkan bantuan hukum. Polisi bisa melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku serta membantu mengembalikan rekaman yang hilang.

Rekaman CCTV adalah aset berharga yang harus dijaga dan disimpan dengan baik. Dengan mengetahui penyebab dan solusi rekaman CCTV hilang, kita bisa mencegah dan mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah dan cepat.

Jangan tunggu rekaman CCTV sampai rusak !! Lindungi bisnis dan aset berhargamu!! Pasang CCTV Sekarang!!

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru