UPS untuk CCTV: Fungsi dan Cara Kerjanya

UPS untuk CCTV: Fungsi dan Cara Kerjanya

Uninterruptible Power Supply (UPS) adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan sumber daya listrik cadangan saat terjadi gangguan pada pasokan listrik utama. Pada sistem CCTV, UPS memiliki peran yang krusial dalam memastikan keberlanjutan operasi pengawasan dan rekaman video. Berikut adalah fungsi dan cara kerja UPS dalam sistem CCTV:

Fungsi UPS dalam Sistem CCTV:

  1. Keberlanjutan Operasi: Fungsi utama UPS adalah memberikan sumber daya listrik cadangan saat terjadi pemadaman atau gangguan listrik. Hal ini menjaga kamera CCTV tetap beroperasi sehingga pengawasan tidak terputus.
  2. Perlindungan Data: UPS juga melindungi data rekaman CCTV yang disimpan di perangkat penyimpanan seperti DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder). Dengan UPS, data tersebut tidak akan hilang akibat mati listrik.
  3. Kehandalan Sistem: UPS meningkatkan keandalan sistem CCTV dengan memastikan bahwa kamera, perangkat perekaman, dan perangkat jaringan tetap berjalan bahkan selama pemadaman listrik atau gangguan listrik sementara.
  4. Pemeliharaan Perangkat: Pada saat terjadi pemadaman listrik, peralatan elektronik seperti kamera dan perekaman dapat mengalami kerusakan jika listrik mati secara tiba-tiba. UPS membantu melindungi perangkat ini dari kerusakan akibat lonjakan daya atau pemutusan tiba-tiba.

Cara Kerja UPS dalam Sistem CCTV:

  1. Pemantauan Pasokan Listrik: UPS terus memantau pasokan listrik utama. Ketika UPS mendeteksi penurunan tegangan, pemadaman, atau lonjakan daya, itu akan merespons dengan cepat.
  2. Switchover ke Baterai: Ketika gangguan terjadi, UPS akan beralih ke sumber daya baterai internal. Baterai UPS menghasilkan daya yang stabil dan terus menerus, memastikan kelangsungan operasi perangkat CCTV.
  3. Pemberitahuan Pengguna: UPS biasanya dilengkapi dengan pemberitahuan visual dan suara yang memberi tahu pengguna bahwa sumber daya baterai digunakan. Hal ini memberi kesempatan untuk melakukan tindakan yang tepat, seperti menghentikan operasi sistem dengan aman atau mematikan perangkat yang tidak perlu.
  4. Autonomi Waktu: UPS memiliki ketersediaan daya yang terbatas dari baterai. Lamanya waktu autonomi (berapa lama baterai dapat mendukung perangkat CCTV) tergantung pada kapasitas UPS dan beban daya perangkat.
  5. Pemulihan Setelah Gangguan: Setelah pasokan listrik utama kembali normal, UPS akan berhenti menggunakan baterai dan kembali ke pasokan listrik utama. Ini membuat UPS siap digunakan kembali pada gangguan berikutnya.

UPS adalah komponen penting dalam sistem CCTV yang memungkinkan pengawasan dan rekaman video berlangsung tanpa gangguan akibat pemadaman listrik. Dengan UPS yang benar-benar berfungsi dan pemeliharaan yang teratur, perangkat CCTV dapat memberikan keamanan yang konsisten dan efektif.

Promo Paket CCTV Murah

jasa cctv karawaci tangerang

Untuk menjalin relasi dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, saat ini Gudang Teknik memberikan diskon potongan harga hingga 2.000.000 untuk setiap pemasangan paket CCTV Minimal 4 Channel, tanpa syarat dan ketentuan. Cek Harga Paket CCTV Selengkapnya Klik disini

Keuntungan Menggunakan Layanan CCTV di GUDANG CCTV

  • Memberikan garansi 1 tahun unit dan pemasangan
  • Pengerjaan cepat, rapih, dan bergaransi
  • Teknisi berpengalaman dan profesional
  • Pelayanan After Sales terbaik
  • Alamat toko jelas buka setiap hari
  • Jaminan harga terbaik dan termurah
  • Banyak pilihan paket CCTV terlengkap
  • Banyak diskonnya!!

Jangan tunggu kemalingan baru pasang CCTV!! Lindungi bisnis dan aset berhargamu!! Pasang CCTV Sekarang!!

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru