Cara Mengatasi DVR CCTV Tidak Online Tanpa Bantuan Teknisi

Cara Mengatasi DVR CCTV Tidak Online Tanpa Bantuan Teknisi

Cara Mengatasi DVR CCTV – Perangkat CCTV offline tentu menjadi permasalahan tersendiri bagi Anda pemiliknya. Terlebih, jika Anda sangat memerlukan perangkat pengawas tersebut untuk menjaga keamanan hingga mengawasi kinerja karyawan, maupun mengawasi anggota keluarga sementara Anda sedang tidak berada di tempat.

Penyebab DVR CCTV tidak online sendiri beragam, mulai dari gangguan pada kamera hingga perangkat DVR yang mati. DVR atau Digital Video Recording ini mempunyai fungsi sebagai pengolah dan penyimpan data rekaman kamera CCTV sebelum kemudian tersimpan pada Hard Disk dan menuju ke layar monitor.

Dengan fungsi penting ini, DVR yang mati tentu menghambat bahkan menghentikan kinerja seluruh perangkat CCTV. Mulai dari rekaman yang tidak muncul di layar monitor, hingga rekaman dari kamera CCTV yang tidak tersimpan.

Lalu, apa saja penyebab dari DVR yang mati? Apa solusi dan cara mengatasinya?

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel di bawah ini ya!

Penyebab DVR Mati

Sebagai pengawas keamanan, CCTV bekerja selama 24 jam setiap harinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka tidak heran jika perangkat ini sesekali mengalami eror atau kerusakan, salah satunya adalah DVR yang mati.

Dengan tingginya intensitas penggunaan, DVR rentan mengalami gangguan hingga kerusakan kecil maupun besar bergantung pada penyebabnya. DVR mati bisa karena alasan eksternal maupun internal. Untuk eksternal, DVR bisa mengalami gangguan apabila penggunaannya dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa henti, penggunaan yang salah, hingga terkena benturan atau pukulan baik sengaja maupun tidak.

Sebagai perangkat elektronik, benturan pada DVR bisa mengakibatkan kerusakan kecil hingga kerusakan parah. Bergantung pada besarnya kekuatan yang menimpa perangkat DVR. Tidak hanya mati, kemungkinan besar alat-alat dalam DVR juga mengalami kerusakan, seperti kabel dan hard disk dari DVR.

Baca Juga : Penyebab CCTV Bunyi dan Cara Mengatasinya

Sedangkan penyebab internal adalah penyebab yang datangnya dari perangkat dalam DVR maupun perangkat yang terhubung dengan DVR itu sendiri. DVR tidak online terdiri dari dua macam kerusakan, yakni DVR mati dan DVR tidak online atau tidak dapat terakses menggunakan jaringan internet.

Untuk penyeba DVR mati secara harfiah, dapat karena oleh tegangan arus listrik dari power supply atau power source menuju DVR. Hal ini bisa terjadi karena kabel yang tidak berfungsi dengan baik atau karena power supply mengalami gangguan. Bisa juga dikarenakan tegangan listrik rumah, kantor, atau tempat dimana DVR dipasang mengalami naik turun hingga menyebabkan power supply mengalami gangguan.

Sedangkan penyebab DVR tidak online atau tidak bisa dijangkau menggunakan akses internet adalah pengaruh settingan atau pengaturan pada DVR yang tidak benar atau port LAN atau penghubung dengan koneksi internet yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk DVR yang tidak bisa dijangkau dengan internet, merupakan jenis DVR berbasis internet dan komputer atau DVR digital yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan ponsel pintar seperti smartphone, laptop, tab hingga komputer selama terhubung dengan jaringan internet.

Cara Mengatasi DVR CCTV Tidak Online

Sesuai dengan penjelasan di atas, DVR tidak online bisa berarti DVR mati atau tidak dapat terhubung menggunakan jaringan internet. Untuk mengatasi DVR yang mati, Anda dapat mengecek power supply terlebih dahulu. Pastikan bahwa power supply bekerja dengan baik atau tidak. Jika power supply mengalami gangguan, mungkin hal tersebut yang membuat DVR mati. Namun apabila power supply bekerja dengan baik dan DVR masih mati, coba untuk mengecek kabel tegangan masuk. Pastikan kabel bekerja dan berada di tempat yang seharusnya dan tidak mengalami kendor.

Baca Juga : Cara Backup Rekaman CCTV Pada DVR Hikvision

Selanjutnya mengatasi DVR yang tidak online untuk DVR digital. Jika CCTV offline akibat DVR yang tidak berfungsi maka cek setting atau pengaturan pada DVR Anda. Pastikan semua pengaturan memungkinkan Anda untuk dapat terhubung dengan DVR melalui perangkat ponsel maupun laptop berjaringan internet. Apabila semua pengaturan berada di tempatnya namun DVR masih offline, maka Anda dapat mengecek port LAN DVR. Pastikan port tidak mengalami kerusakan dan kabel LAN tidak kendor ataupun terputus.

Itulah penjelasan singkat tentang penyebab DVR CCTV tidak online dan cara mengatasinya. Jika masih ada masalah atau kendala dalam penerapannya kalian bisa panggil teknisi untuk dibantu lebih lanjut.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *