DVR dan NVR: Ketahui Perbedaannya Jangan Sampai Salah Pilih

Perbedaan DVR dan NVR, Jangan Sampai Salah Pilih.

Perbedaan DVR dan NVR Dalam era kemajuan teknologi saat ini, kami dapat menemukan beragam merek, jenis, dan spesifikasi untuk perangkat CCTV. CCTV sendiri terdiri dari kumpulan perangkat yang saling terkait.

Salah satu perangkat tersebut adalah DVR (Digital Video Recorder) dan NVR (Network Video Recorder) yang berfungsi untuk mengolah dan menyimpan data rekaman dari kamera CCTV ke dalam hard disk serta menampilkannya di layar monitor.

Perbedaan yang Signifikan antara DVR dan NVR

DVR dan NVR, meskipun memiliki fungsi yang hampir serupa, sebenarnya merupakan dua alat yang berbeda. Lantas, apa sajakah perbedaannya? 

Jumlah Perangkat CCTV yang Dapat Terhubung

Perbedaan yang pertama adalah jumlah perangkat CCTV yang dapat terhubung pada masing-masing perangkat. Pengguna NVR dapat menghubungkan banyak kamera CCTV dengan bantuan switch.

Baca lainnya : 

Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan dan mengawasi beberapa kamera dalam satu perangkat NVR. Sementara itu, pada DVR, Anda hanya dapat menghubungkan satu perangkat kamera CCTV saja, tidak memungkinkan untuk menghubungkan beberapa kamera CCTV.

Jenis Kamera yang Digunakan

Perbedaan yang kedua terletak pada jenis kamera yang digunakan. DVR hanya mendukung kamera CCTV jenis analog yang terpasang pada perangkat tersebut.

Kamera CCTV analog merupakan jenis kamera standar yang menggunakan kabel coaxial dalam pengoperasiannya.

Di sisi lain, NVR menggunakan kamera CCTV berbasis IP Camera atau kamera digital dengan protokol internet. Dengan menggunakan IP camera, Anda dapat mengakses data CCTV dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi jaringan internet.

Baca Juga: Penyebab DVR Tidak Online dan Cara Mengatasinya

Kualitas Gambar

Perbedaan yang ketiga adalah kualitas gambar yang dihasilkan oleh masing-masing perangkat. NVR memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan DVR.

Hal ini disebabkan karena NVR menggunakan IP Camera yang memiliki resolusi yang lebih tinggi. Saat melakukan zoom-in, IP Camera umumnya tidak menyebabkan gambar menjadi buram atau pecah.

Sebaliknya, DVR menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih rendah karena menggunakan kamera CCTV analog.

Kamera analog memiliki kualitas terbatas dan umumnya tidak sejernih kamera digital. Saat melakukan zoom-in, gambar pada DVR cenderung mudah pecah dan buram, bahkan dapat muncul bintik-bintik pada gambar.

Koneksi

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis koneksi yang digunakan oleh masing-masing perangkat. NVR dapat diakses secara langsung dan real-time karena terhubung dengan jaringan internet atau LAN.

Dengan koneksi internet atau jaringan LAN, Anda dapat dengan leluasa memantau kamera CCTV dan NVR dari smartphone dengan mudah dan real-time.

Di sisi lain, DVR juga dapat dipantau secara real-time dari layar monitor khusus CCTV atau layar televisi.

Namun, Anda harus menyambungkan DVR dengan kabel coaxial yang harganya lebih mahal dibandingkan kabel yang digunakan oleh NVR. Oleh karena itu, penggunaan NVR dinilai lebih dinamis dan efisien karena dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Perbedaan CCTV Analog dan IP Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Cara Kerja

Perbedaan terakhir adalah cara kerja masing-masing perangkat. Saat menggunakan DVR, sinyal video dari kamera CCTV analog diubah oleh DVR menjadi data digital yang kemudian disimpan dalam hard disk.

Sementara itu, saat menggunakan NVR, Anda akan mendapatkan data digital secara langsung dari kamera CCTV tanpa perlu mengubahnya dari bentuk sinyal video.

Pemilihan perangkat DVR atau NVR dapat disesuaikan dengan jenis kamera yang akan digunakan, kebutuhan tempat pemasangan CCTV, serta ketersediaan dana atau anggaran yang dimiliki.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli perangkat, untuk memastikan apakah fungsi dan spesifikasi dari perangkat DVR atau NVR sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan DVR, pastikan tempat pemasangan CCTV memiliki arus listrik yang stabil untuk mengoptimalkan kinerja dari perangkat tersebut.

Sebaliknya, jika Anda memilih NVR, pastikan perangkat tersebut mendapatkan pasokan jaringan internet yang stabil agar dapat diakses dengan mudah.

Demikianlah Perbedaan Antara NVR dan DVR. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memahami perbedaan kedua perangkat tersebut.

Jika Anda membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai pemasangan dan perbaikan CCTV atau sistem keamanan lainnya, silakan hubungi Gudang CCTV.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru