Jika Listrik Mati Apakah CCTV Bisa Merekam?

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi dengan sistem keamanan CCTV Anda ketika listrik tiba-tiba mati? Listrik padam dapat menjadi momok bagi banyak orang, terutama jika melibatkan keamanan rumah atau bisnis. Namun, seberapa efektifkah CCTV dalam merekam ketika keadaan gelap gulita tanpa listrik? Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Ketergantungan pada Sumber Daya Listrik

CCTV modern umumnya bergantung pada sumber daya listrik untuk berfungsi. Kamera pengawas, rekaman penyimpanan, dan perangkat pengolah sinyal semuanya memerlukan pasokan listrik yang stabil. Jadi, ketika terjadi pemadaman listrik, banyak orang berpikir bahwa CCTV mereka menjadi tidak berguna.

CCTV dengan Sumber Daya Cadangan

Meskipun kebanyakan CCTV bergantung pada listrik, beberapa sistem keamanan canggih dilengkapi dengan sumber daya cadangan seperti baterai atau generator internal. Sistem semacam ini dapat memberikan pasokan daya yang cukup untuk membuat CCTV tetap beroperasi selama beberapa waktu setelah listrik mati. Hal ini dapat berguna untuk merekam kejadian penting selama keadaan darurat.

Baca Juga: Cara Kerja CCTV Saat Mati Listrik

CCTV dengan Sistem UPS (Uninterruptible Power Supply)

Beberapa instalasi CCTV menggunakan UPS, yang merupakan perangkat penyimpan daya listrik sementara. UPS dapat memberikan waktu tambahan bagi CCTV untuk tetap berfungsi setelah listrik mati. Walaupun pada akhirnya daya UPS akan habis, namun memberi cukup waktu untuk merekam kejadian sebelum CCTV benar-benar mati.

Teknologi Terbaru

Beberapa produsen CCTV terkini telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan kamera tetap merekam meskipun tanpa listrik. Beberapa kamera memiliki kemampuan penyimpanan internal yang dapat menyimpan rekaman untuk beberapa jam tanpa memerlukan pasokan daya eksternal.

Keterbatasan dan Pertimbangan

Meskipun ada beberapa CCTV yang dapat beroperasi tanpa listrik, biasanya kemampuan merekamnya terbatas dan tergantung pada berbagai faktor seperti kondisi pencahayaan dan jenis kamera. Sebaiknya, untuk memastikan keandalan CCTV Anda dalam situasi darurat, pertimbangkan untuk menginstal sumber daya cadangan atau UPS.

Dalam menghadapi pemadaman listrik, pemilik CCTV perlu mempertimbangkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan keamanan mereka. Terlepas dari keadaan listrik, menjaga sistem CCTV tetap berfungsi dapat memberikan ketenangan pikiran dan memberikan kemampuan untuk merekam kejadian penting, bahkan dalam keadaan darurat sekalipun.

Baca Juga: Apakah CCTV Bisa Merekam Suara

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru