Cara Kerja CCTV Saat Mati Listrik

CCTV (Closed-Circuit Television) telah menjadi solusi efektif dalam pengawasan keamanan di berbagai tempat, mulai dari perumahan hingga perusahaan besar. Namun, pertanyaan muncul ketika listrik mati: bagaimana CCTV tetap berfungsi dan menjaga pengawasan meski dalam kondisi tanpa daya? Artikel ini akan menjelaskan secara detail cara kerja CCTV saat mati listrik dan bagaimana teknologi modern memberikan solusi untuk menjaga keamanan dalam situasi tersebut.

Sumber Daya Darurat: Baterai Cadangan

CCTV modern umumnya dilengkapi dengan baterai cadangan yang berfungsi sebagai sumber daya darurat saat terjadi pemadaman listrik. Baterai ini dirancang untuk memberikan pasokan listrik tambahan selama beberapa jam, memungkinkan CCTV tetap aktif dan merekam kejadian penting selama periode tanpa daya.

Penggunaan Sistem UPS (Uninterruptible Power Supply)

Beberapa Instalasi CCTV menggunakan UPS untuk memberikan daya cadangan yang lebih stabil dan tahan lama. UPS bekerja dengan menyimpan daya listrik dalam baterai internal, dan saat listrik mati, UPS secara otomatis beralih ke baterai, memastikan kelangsungan pasokan daya pada perangkat CCTV.

Baca Juga: Apakah CCTV Tetap Merekam Saat Mati Listrik?

Teknologi Power-over-Ethernet (PoE)

Beberapa CCTV modern menggunakan teknologi PoE, yang memungkinkan transmisi daya dan data melalui satu kabel Ethernet. Dengan PoE, CCTV dapat menerima daya dari sumber eksternal seperti switch PoE atau injector, memastikan keberlanjutan fungsi CCTV bahkan saat listrik mati di lokasi pemantauan.

Sistem Hybrid: Listrik dan Energi Alternatif

Beberapa instalasi CCTV melibatkan sistem hibrida yang mencakup sumber daya listrik tradisional dan sumber daya alternatif seperti panel surya atau generator bahan bakar. Dengan kombinasi ini, CCTV dapat terus beroperasi menggunakan sumber daya alternatif saat terjadi pemadaman listrik yang berkepanjangan.

Pemantauan Jarak Jauh dan Cloud Storage

Sebagian besar CCTV modern terhubung dengan jaringan, memungkinkan pemantauan jarak jauh dan penyimpanan data di cloud. Meskipun listrik di lokasi pemantauan mati, data rekaman tetap dapat diakses melalui koneksi internet, memastikan bahwa informasi yang direkam tetap tersedia.

Baca Juga: Rekomendasi CCTV dengan Kemampuan Rekam Suara

Penutup

Dengan adanya teknologi canggih seperti baterai cadangan, UPS, PoE, sumber daya hibrida, dan konektivitas cloud, CCTV dapat terus menjalankan fungsi pengawasan keamanan meski dalam kondisi mati listrik. Ini membuktikan bahwa pengembangan teknologi terus mendukung upaya menjaga keamanan dan memberikan solusi yang handal dalam situasi darurat.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Tangerang

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru