Penyebab CCTV Bergaris, dan Cara Mengatasinya.

Penyebab CCTV Bergaris, dan Cara Mengatasinya.

Penyebab CCTV Bergaris – Gangguan Kamera CCTV yang distorsi dengan munculnya garis-garis yang mengganggu kejernihan perekaman video CCTV di monitor ini sering terjadi,  pasalnya CCTV yang dipasang beroperasi selama 24 jam non stop, kadang 1 tahun nyala terus sehingga menjadikan komponen-komponennya kepanasan dan mengakibatkan kerusakan. 

Tapi, apa sih yang membuat kamera pengawas bergaris? Apakah CCTV bergaris termasuk dalam masalah serius atau tanda kerusakan? Nah, untuk lebih tahu selengkapnya, baca penjelasan di bawah ini, yuk!

Penyebab Gambar CCTV Bergaris

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, yang menyebabkan CCTV bergaris atau distorsi. Diantaranya sebagai berikut:

1. CCTV Bergaris Akibat Sinyal Radio

Alasan munculnya hasil CCTV bergaris karena adanya gangguan frekuensi yang tinggi pada kamera pengawas. Beberapa penyebab dari CCTV bergaris adalah posisi kamera pengawas yang berdekatan dengan radio amatir, pemancar sinyal radio, hingga citizen band.

Masing-masing penyebab dapat memberi ciri-ciri yang berbeda, bergantung tinggi dan besarnya frekuensi yang alat-alat tersebut hasilkan. Apabila CCTV terus-menerus menerima gangguan, dapat Anda pastikan gangguan tersebut berasal dari pemancar sinyal radio. Sebaliknya, jika gangguan datang sesekali maka gangguan tersebut berasal dari citizen band atau radio amatir.

Baca Juga : Penyebab Gambar CCTV Goyang dan Cara Mengatasinya

2. CCTV Bergaris Akibat Kerusakan Perangkat

Penyebab kedua dari kamera pengawas mengalami gangguan pada layar adalah dari keseluruhan perangkat itu sendiri. Dalam menjalankan fungsinya, CCTV terus digunakan selama 24 jam non stop selama berhari-hari, berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun. Maka, wajar jika CCTV mengalami beberapa gangguan ataupun kerusakan akibat jangka waktu pemakaian.

Penyebab kamera pengawas bergaris bisa jadi karena adanya suhu panas pada kamera pengawas akibat teraliri listrik secara konstan setiap waktunya. Panas ini dapat membuat beberapa bagian kamera pengawas menjadi rusak atau mengalami gangguan dan berakibat pada kamera pengawas bergaris.

Untuk meminimalisir panas yang bisa muncul kapan saja, ada baiknya terdapat pembuangan angin panas atau penambahan fan / kipas kecil pendingin untuk bagian DVR dan adaptor CCTV agar suhu perangkat tetap stabil dan mencegah panas datang kembali.

Selain itu, dapat digunakan atau ditambahkan stabilizer dan UPS yang dipasang pada perangkat CCTV Anda. Kedua alat ini memiliki fungsi untuk mengamankan perangkat CCTV dari ketidakstabilan tegangan listrik atau pemadaman mendadak yang dapat menimbulkan kerusakan di CCTV Anda.

CCTV bergaris juga dapat disebabkan oleh konektor pada kamera pengawas yang longgar dan perlu diganti agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin besar, kamera pengawas yang mulai rusak akibat penggunaan jangka panjang atau gangguan eksternal, kabel perangkat kamera pengawas yang rusak akibat arus listrik maupun faktor eksternal lainnya, juga disebabkan oleh konektor BNC kamera pengawas yang mulai menujukkan kerusakan.

Cara Mengatasi CCTV Bergaris

Cek DVR

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek komponen DVR, pasalnya indikasi pertama gangguan muncul berasal dari DVR.  Apalagi kalau yang bergaris itu semua kamera CCTV, jadi kemungkinannya memang DVR yang rusak. Tapi, bagaimana kalau DVR diganti tapi masih muncul CCTV bergaris?

Ganti Kabel

Kalau DVR sudah diganti kok masih saya mengalami masalah, berarti kemungkinan kesalahannya berada di kabel, pasalnya kabel bisa rusak karena seringnya dialiri arus dalam kurun waktu yang sangat lama sehingga kabel panas.

Jangan membeli kabel baru terlebih dahulu karena belum tentu permasalahan pastinya berada di kabel, jadi anda bisa mengganti kabelnya dengan kabel cadangan yang masih ada.  Apabila masih belum mengalami perbaikan yang signifikan, berarti kerusakan bukan berada di kabelnya.

Ganti Adaptor CCTV

Nah, ini langkah yang terakhir adalah mengganti adaptor CCTV. Berdasarkan study case dan informasi yang kami dapatkan, banyak kasus CCTV  bergaris yang dikarenakan adaptor CCTV.

Itulah beberapa penyebab CCTV Bergaris, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut terkait pemasangan dan perbaikan CCTV atau sistem keamanan lainnya silahkan hubungi Gudang CCTV.

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Terbaik & Terpercaya

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa maintenance CCTV? atau jasa perbaikan CCTV? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H, Jl. Raya Serang No.Km 11, RW.4, Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Berita Terbaru