Tips Pemasangan Kamera CCTV dengan Kabel Fiber Optik

Tips Pemasangan Kamera CCTV dengan Kabel Fiber Optik

Tips Pemasangan Kamera CCTV dengan Kabel Fiber Optik – Kabel Fiber optik adalah sebuah kabel yang di dalamnya terbuat dari kaca yang dapat mentransmisikan sinyal data dalam bentuk cahaya.

Kabel fiber optik mampu mentransmisikan data pada jarak 0 hingga 20km dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga tidak perlu di khwatirkan lagi untuk kestabilan data yang di alirkan oleh kabel tersebut.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara instalasi kamera cctv dengan menggunakan kabel fiber optik dan juga kebutuhan.

Tetapi sebelumnya perlu kalian ketahui kabel fiber optik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kabel fiber optik single mode dan multi mode.

Kabel fiber optik single mode adalah kabel data yang di dalamnya hanya terdapat satu transmisi saja sehingga hanya mampu menyebarkan cahaya pada satu inti saja dalam suatu waktu.

Sedangkan kabel fiber optik multi mode adalah kebel data yang di dalamnya terdapat banyak transmisi data sehingga mampu menyebarkan cahaya secara bersamaaan dalam sauatu waktu.

Baca Juga : Mengenal Komponen CCTV Beserta Fungsinya

Berikut kebutuhan apa saja yang digunakan untuk instalasi cctv IP camera dengan menggunakan kabel fiber optik :

  1. Kabel fiber optik single mode
  2. Patch cord / Conector FO
  3. Switch gigabyte
  4. Converter FO to Lan

Dari ke 4 kebutuhan tersebut adalah komponen utama yang harus dibutuhkan ketika akan melakaukan instalasi kamera cctv menggunakan kabel fiber optik.

Berikut penjelasan dari masing-masing kebutuhan di atas.

1. Kabel Fiber Optik Single Mode

Kenapa menggunakan single mode ? Perlu kalian ketahui kabel fiber optik single mode dapat membawa data dengan bandwith yang lebih besar dari pada multi mode. Selain itu kecepatan data kabel fiber optik single mode juga lebih cepat dibandingkan dengan kabel fiber optik multi mode.

2. Patch cord / Connector FO

Patch cord adalah kabel fiber optik yang sudah terpasang konektor pada ujungnya. Selain menggunakan patch cord kalian bisa juga langsung menggukan konektornya untuk dipasang di kabel fiber optik single mode.

3. Converter FO to LAN

Converter ini digunakan untuk mengkonvert dari kabel fiber optik ke kable LAN sehingga bisa dihubungkan ke swich hub dan bisa langsung dikoneksikan ke cctv IP Cameranya

4. Switch gigabyte

Switch gigabyte adalah switch hub biasa yang digunakan pada umumnya. Tetapi switch gigabyte ini memiliki bandwith kecepatan data 10/1000mbps sehingga berpengaruh pada hasil gambar yang dihasilkan dari ip camera yang digunakan.

Baca Juga : Kelebihan CCTV Analog dibanding CCTV IP

Instalasi cctv menggunakan kabel fiber optik memang solusi terbaik jika jarak tarikan kabel tidak memungkinkan untuk menggunakan kabel LAN. Tetapi tentu saja ketika menggunakan kabel fiber optik biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar.

Tetapi dengan biaya yang besar kalian akan mendapatkan hasil gambar yang sangat memuaskan dari ip camera yang kalian gunakan.

Nah, itu tadi penjelasan masing-masing komponen CCTV dan fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan informasi para pembaca sekalian ya!

Jasa Pasang CCTV dengan kabel Fiber Optik

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa pemasangan cctv dengan kabel Fiber Optik? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan profesional GUDANG CCTV  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Gudang CCTV merupakan Installer, Dealer dan Distributor resmi berbagai macam merk CCTV dan sistem keamanan lainnya. Kami melayani penjualan, pemasangan, setting online, bongkar pasang, pindah titik, dan perbaikan IP, Analog, dan Wireless CCTV untuk Gedung, Kantor, Pabrik, Gudang, Jalan, Appartemen, Toko, dan Perumahan berskala project maupun retail. Kami menyediakan berbagai macam brand CCTV, dan paket pemasangan CCTV terlengkap dan termurah mulai dari 2 – 16 Channel.

Hubungi tim marketing kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya.

Marketing : 081317650003
Email : dm@gudangcctv.id
Alamat : Ruko Turbine No 2H Jl. Raya Serang Km 11 RW 4 Bitung Jaya, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710

Sumber

Berita Terbaru